Antarmuka Berbasis Grafis (GUI) dan Komponen-komponennya

 

Saat ini sebagian besar perangkat modern dan aplikasi menggunakan graphical user interface atau GUI untuk meningkatkan user experience. 


Dikutip dari Gartner, GUI adalah antarmuka sistem operasi berbasis grafis seperti ikon, tombol, menu, dan representasi visual lainnya untuk mendukung interaksi pengguna dengan sistem.


Pada GUI, informasi yang relevan dengan pengguna serta tindakan yang bisa dilakukan ditampilkan dalam visual pada user interface. 


Sebelum adanya GUI, user interface yang digunakan berbasis teks (text-based interfaces) dan bekerja melalui input keyboard yang disebut dengan prompt. Perintah diketik menggunakan keyboard untuk mendapat respons atau output dari komputer. 


Sementara input GUI memanfaatkan pointer seperti mouse, trackball, stylus, atau dengan jari pada touch screen. Alih-alih berpusat pada mesin, GUI dirancang lebih intuitif dan user-friendly.


Dengan adanya GUI, pengguna yang kurang paham dengan teknologi atau tidak memiliki pemahaman tentang bahasa pemrograman sama sekali akan lebih mudah mengakses teknologi digital.


Mekanisme Kerja GUI

Lingkungan GUI yang komprehensif terdiri dari empat komponen, yaitu:


Window manager

Bertanggung jawab untuk mengelola dan mengatur jendela (window) yang ditampilkan di layar. 


Ini termasuk penempatan jendela, ukuran, serta menyediakan akses di mana pengguna bisa memodifikasi jendela seperti memindahkan, mengubah ukuran, dan menutup jendela. 


Widget toolkit

Widget toolkit atau dikenal sebagai GUI toolkit atau framework menyediakan kumpulan komponen atau widget GUI, seperti tombol, menu, kotak centang, dan scroll bar. 


Widget toolkit juga menyertakan mekanisme penanganan kejadian untuk merespons interaksi pengguna dengan widget. 


Graphics system

Graphics system bertanggung jawab untuk merender elemen grafis GUI agar elemen visual bisa ditampilkan di antarmuka pengguna. 


Input devices

Input devices bertanggung jawab menyampaikan tindakan atau input dari pengguna ke lingkungan GUI untuk menghasilkan respons yang sesuai. Perangkat ini bisa termasuk keyboard, mouse, stylus, dan touch screen. 


Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, GUI menggunakan elemen visual seperti ikon, kursor atau pointer untuk memindahkan atau memanipulasi elemen, scrollbar, dan dropdown menu.


Terkadang elemen GUI yang digunakan berkorelasi dengan objek di dunia nyata. Misalnya recycle bin menggunakan elemen tempat sampah karena memiliki definisi dan tujuan yang sama, yaitu sebagai tempat file yang telah dihapus.


Pengguna dapat berinteraksi dengan elemen GUI dengan berbagai cara. Biasanya dengan mengeklik atau scroll menggunakan mouse yang terhubung ke komputer, mengeklik layar pada perangkat touch screen, atau dengan perintah suara. 


Ketika pengguna memulai interaksi, GUI akan merespons sesuai dengan sinyal yang diberikan dan mengubah efek elemen yang diklik, termasuk ukuran dan warna. 


Misalnya pada contoh ikon recycle bin. Ketika pengguna mengeklik ikon tersebut sebanyak dua kali, folder recycle bin akan terbuka dan menampilkan file yang telah dihapus.


Kelebihan GUI

Saat ini, hampir seluruh sistem menggunakan GUI karena memiliki kelebihan antara lain:


  • Lebih user-friendly sehingga mudah dipahami tujuan penggunaannya oleh pengguna.

  • Mempermudah pengguna menyelesaikan tugas lebih cepat hanya dengan beberapa kali klik.

  • GUI lebih menarik secara visual.

  • GUI lebih mudah diakses oleh pengguna secara luas, khususnya pengguna dengan gangguan, disabilitas, dan keterbatasan.


Kekurangan GUI

Selain kelebihan, GUI juga dianggap memiliki beberapa kelemahan yaitu:


  • Memiliki respons yang lebih lambat dan membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan daripada antarmuka berbasis teks.

  • Kurang fleksibel karena hanya instruksi terprogram yang bisa dijalankan, dan fungsi sistem tidak bisa dimodifikasi pengguna. 

  • Bagi beberapa orang yang memahami teknologi, menjalankan perintah di GUI kurang efisien.

  • GUI perlu dibangun oleh tim desain dan developer sehingga memerlukan waktu dan sumber daya tambahan.   


Contoh GUI

Contoh penggunaan GUI bisa ditemukan di hampir seluruh aplikasi, salah satunya di Microsoft Word. 


Pada tampilan workbook Microsoft Word, terlihat beberapa elemen atau ikon yang bisa digunakan sesuai kebutuhan. Setiap ikon memiliki tujuan penggunaan yang berbeda. 


Agar memudahkan user dalam memahami kegunaan setiap ikon, user bisa mengarahkan kursor ke ikon untuk mendapatkan penjelasan singkat mengenai ikon tersebut. 


Misalnya pada gambar berikut. 

Selain itu, Microsoft Word juga menyediakan scroll bar untuk memudahkan pengguna menaik-turunkan lembar kerja untuk melihat seluruh dokumen, dan ikon lainnya.


Komponen-komponen GUI

GUI terdiri dari berbagai komponen yang saling bekerja sama untuk menyediakan antarmuka yang mudah digunakan bagi pengguna. Komponen-komponen GUI tersebut antara lain:


  • Window
    Window adalah kotak yang berisi konten GUI. Window dapat berupa jendela utama, jendela pop-up, atau jendela dialog.


  • Menu
    Menu adalah daftar perintah yang dapat dipilih oleh pengguna. Menu biasanya terletak di bagian atas atau bawah window.

  • Toolbar
    Toolbar adalah kumpulan ikon yang mewakili berbagai perintah. Toolbar biasanya terletak di bagian atas atau bawah window.


  • Icon
    Icon adalah gambar kecil yang mewakili suatu perintah atau fungsi. Icon biasanya terletak di toolbar, menu, atau dalam window.


  • Label
    Label adalah teks yang menjelaskan suatu perintah atau fungsi. Label biasanya terletak di dekat icon atau tombol.


  • Text field
    Text field adalah kotak yang digunakan untuk memasukkan teks. Text field biasanya digunakan untuk memasukkan nama pengguna, kata sandi, atau alamat email.


  • Button
    Button adalah tombol yang digunakan untuk menjalankan suatu perintah. Button biasanya memiliki teks atau ikon yang mewakili perintah yang dijalankan.


  • Check box
    Check box adalah kotak centang yang digunakan untuk memilih atau tidak memilih suatu opsi. Check box biasanya digunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan suatu fitur.


  • Radio button
    Radio button adalah tombol pilihan yang digunakan untuk memilih salah satu dari beberapa opsi. Radio button biasanya digunakan untuk memilih opsi yang diinginkan dari beberapa opsi yang tersedia.


  • List box
    List box adalah kotak daftar yang digunakan untuk menampilkan daftar pilihan. List box biasanya digunakan untuk memilih salah satu dari beberapa pilihan yang tersedia.


  • Combo box
    Combo box adalah gabungan antara text field dan list box. Combo box memungkinkan pengguna untuk memasukkan teks atau memilih dari daftar pilihan.


Jenis-jenis Antarmuka Berbasis Grafis

Antarmuka berbasis grafis (GUI) dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan fitur dan penggunaannya. Berikut adalah beberapa jenis GUI yang umum:

  • GUI berbasis ikon
    GUI berbasis ikon adalah jenis GUI yang paling umum digunakan. GUI ini menggunakan ikon untuk mewakili berbagai perintah dan fungsi. Contoh GUI berbasis ikon adalah Microsoft Windows, macOS, dan Linux.
  • GUI berbasis menu
    GUI berbasis menu adalah jenis GUI yang menggunakan menu untuk menampilkan daftar perintah. Menu biasanya terletak di bagian atas atau bawah window. Contoh GUI berbasis menu adalah aplikasi Microsoft Office dan Adobe Photoshop


  • GUI berbasis toolbar
    GUI berbasis toolbar adalah jenis GUI yang menggunakan toolbar untuk menampilkan ikon perintah. Toolbar biasanya terletak di bagian atas atau bawah window. Contoh GUI berbasis toolbar adalah aplikasi pemutar media dan browser web.


  • GUI berbasis widget
    GUI berbasis widget adalah jenis GUI yang menggunakan widget untuk mewakili berbagai elemen antarmuka. Widget dapat berupa ikon, tombol, kotak teks, atau elemen lain. Contoh GUI berbasis widget adalah aplikasi web dan aplikasi mobile.


  • GUI berbasis gestur
    GUI berbasis gestur adalah jenis GUI yang menggunakan gestur untuk berinteraksi dengan pengguna. Gestur dapat berupa gerakan tangan, gerakan jari, atau gerakan kepala. Contoh GUI berbasis gestur adalah aplikasi augmented reality dan virtual reality.


 Menggunakan Antarmuka Berbasis Grafis untuk Berinteraksi dengan Komputer

Antarmuka berbasis grafis (GUI) memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan komputer menggunakan ikon, gambar, dan teks. Berikut adalah beberapa cara untuk menggunakan GUI untuk berinteraksi dengan komputer:

  • Menggunakan mouse
    Mouse adalah perangkat input yang paling umum digunakan untuk berinteraksi dengan GUI. Mouse memungkinkan pengguna untuk menunjuk dan mengklik ikon, gambar, dan teks.
  • Menggunakan keyboard
    Keyboard juga dapat digunakan untuk berinteraksi dengan GUI. Keyboard dapat digunakan untuk memasukkan teks, memilih menu, dan menjalankan perintah.
  • Menggunakan sentuhan
    Perangkat yang memiliki layar sentuh, seperti smartphone dan tablet, menggunakan sentuhan untuk berinteraksi dengan GUI. Pengguna dapat menyentuh ikon, gambar, dan teks untuk berinteraksi dengan mereka.

Berikut adalah beberapa contoh interaksi dengan GUI:

  • Untuk membuka aplikasi, klik ikon aplikasi.

    


  • Untuk membuka menu, klik menu.

 


 

  • Untuk menjalankan perintah, klik tombol.

 


 

  • Untuk memasukkan teks, ketik teks di kotak teks.

 


 

  • Untuk memilih opsi, centang kotak centang atau pilih tombol pilihan.

 


Memilih opsi dengan centang kotak centang atau tombol pilihan

 

  • Untuk melihat daftar pilihan, klik list box atau combo box.

 


Melihat daftar pilihan dengan list box atau combo box

GUI adalah antarmuka pengguna yang mudah digunakan dan dipelajari. Dengan memahami komponen dan cara kerja GUI, pengguna dapat dengan mudah berinteraksi dengan komputer.

Kesimpulan

Jenis-jenis GUI dapat dipilih berdasarkan fitur dan penggunaannya. GUI berbasis ikon adalah jenis GUI yang paling umum digunakan. GUI berbasis menu cocok untuk aplikasi yang memiliki banyak perintah. GUI berbasis toolbar cocok untuk aplikasi yang sering digunakan. GUI berbasis widget cocok untuk aplikasi yang fleksibel dan dapat diubah sesuai kebutuhan. GUI berbasis gestur cocok untuk aplikasi yang membutuhkan interaksi yang lebih alami.


Komentar